Pertolongan Pertama Ketika Anak Luka

Ketika anak kita bermain dan hal ini terjadi, ada beberapa hal sederhana yang dapat dilakukan sebelum pergi ke klinik atau informasi kesehatan atau rumah sakit terdekat.h

  • Berikan tekanan pada luka. Dengan benda apa pun yang tersedia untuk menghentikan atau memperlambat aliran darah. Fungsi tekanan di sini sebagai penyumbat untuk menghentikan aliran darah. Tekanan yang Anda berikan akan membantu darah membeku dan menghentikan pendarahan.
  • Jaga dan tahan tekanan pada luka sampai bantuan tiba.

Hal yang Sering Ditanyakan

Apa yang bisa saya gunakan untuk memberikan tekanan pada luka?

Gunakan apa pun yang tersedia di sekitar kita. Kita dapat menggunakan tangan kita sendiri atau meminta anak untuk menekan dengan keras sementara kita mencari suatu benda untuk membantu menekan aliran darah tersebut misalnya kaus, handuk potongan kain, atau apa pun yang dapat diletakkan di atas luka untuk menghentikan atau memperlambat aliran darah.

Apa yang harus saya lakukan jika handuk atau kaus yang membalut luka telah basah oleh darah?

Jangan dilepas atau diganti, tetapi tambahkan lebih banyak lagi handuk, kaus, atau potongan kain. Lalu berikan tekanan yang lebih kuat. Segera pergi ke klinik atau rumah sakit terdekat untuk segera mendapat pertolongan medis secara tepat.

Anak tampak pucat, badannya terasa dingin, dan pusing. Apa artinya ini?

Ini berarti tidak cukup darah yang mengalir di dalam tubuh. Kondisi ini dapat mengancam kehidupan karena dapat dengan sangat cepat menyebabkan kondisi lain, seperti kekurangan oksigen dalam jaringan tubuh, serangan jantung, atau kerusakan organ.

Kondisi ini merupakan respons fisik untuk cedera atau penyakit yang disebut shock. Jika kita melihat adanya indikasi anak kita mengalami shock maka yang harus dilakukan adalah meminta anak segera berbaring dan mengangkat kaki mereka dengan posisi lebih tinggi dari pada bagian tubuh mereka dilansir dari https://danta-article.com. Posisi kaki lebih tinggi dari jantung, akan membantu meningkatkan aliran darah ke otak dan jantung mereka.

Haruskah saya khawatir akan terjadinya infeksi?

Jika khawatir akan terjadi infeksi dan ingin menggunakan pelindung untuk melindungi luka dari infeksi, kita dapat menggunakan kantong plastik atau sarung tangan plastik. Kita juga bisa meminta anak menggunakan tangan mereka sendiri untuk memberikan tekanan pada luka.

Penumpang Sopan
Penumpang Sopan