Hal – Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Menjaga Bayi Prematur

Merawat bayi prematur, memang membutuhkan sedikit usaha lebih dibandingkan dengan bayi normal pada umumnya. Mengapa demikian ? Hal ini tentu saja karena bayi prematur cenderung memiliki beberapa kasus yang berhubungan dengan kesehatan. Meskipun tidak semuanya demikian. Berikut ini beberapa informasi yang bisa jadi referensi anda untuk merawat bayi premature dengan baik.

merawat bayi prematur

1. Dirawat Dalam Inkubator Bayi

Memang tidak semua bayi yang terlahir prematur harus dirawat dalam inkubator. Namun terkadang, pada kasus – kasus tertentu bayi prematur harus dirawat dalam inkubator. Fungsi inkubator bayi secara umum cukup banyak dan penting. Diantaranya yaitu melindungi bayi dari gangguan luar baik itu suhu lingkungan, serangan bakteri, dan juga faktor lainnya.

Terkadang inkubator juga didesain dengan sederhana yang bisa digunakan di rumah. Anda juga bisa membelinya dengan harga murah di toko alat medis yang jual inkubator bayi sederhana dengan harga terjangkau. Bahkan anda bisa juga membuatnya bila memang bayi anda hanya membutuhkan inkubator bayi sederhana tanpa membutuhkan peralatan kesehatan lainnya.

2. Menjadi Kanguru

Maksudnya yaitu anda sebagai seorang ibu bisa meniru pola asuh ibu kanguru. Tujuannya yaitu untuk membuat bayi manjadi hangat dan dekat dengan orang tua. Bayi juga dapat merasakan dekapan orang tua. Berikut beberapa manfaat metode “mama kanguru”.

  • Menghangatkan tubuh bayi
  • Membuat bayi tidur lebih nyenyak
  • Menenangkan bayi
  • Membantu meningkatkan kesehatan bayi

3. Atur Jadwal Makan Dengan Benar

Seperti pada bayi normal, bayi prematur juga membutuhkan makan dengan asupan gizi yang memadai. Bahkan lebih, karena bayi prematur masih dalam proses pembentukan serta mematangkan organ – organ tubuhnya. Jadi usahakan anda memberikan makan pada bayi prematur dengan jadwal yang ketat.

4. Jauhkan Dari Orang Sakit

Batasi aktifitas orang – orang disekitar bayi untuk tidak berinteraksi terlalu sering dengan bayi anda. Terlebih lagi ketika orang tersebut sedang sakit, bayi rentan sekali terhadap serangan penyakit, sarankan orang lain yang akan menyentuh bayi anda untuk mencuci tangan dengan anti septik terlebih dulu.

5. Imunisasi

Pastikan bayi anda juga mendapatkan imunisasi dan vaksinasi lengkap sebagai upaya untuk melindungi dari serangan penyakit yang serius. Ikuti saran dokter jika bayi anda membutuhkan imunisasi khusus seperti untuk mencegah flu dan penyakit sejenisnya.

Nah, demikianlah kiat – kiat yang bisa kita jadikan referensi bersama dalam menjaga bayi prematur. Tidak satupun orang tua menginginkan anaknya terlahir prematur, jika bukan anda saudara anda bisa kita bantu dengan manfaat artikel ini. Sekian, semoga bermanfaat !

Penumpang Sopan
Penumpang Sopan