Mengetahui Makna Karangan Bunga yang Bisa Diberikan Pada Hari Kasih Sayang

Mulai dari nama, karakteristik, sampai mitologinya, bunga dikenal sebagai simbol dan memiliki makna tersendiri. Memberikan setangkai atau bahkan sebuah karangan bunga dapat diartikan sebagai ungkapan rasa cinta, kenangan, permintaan maaf, dukungan, dan bahkan sebuah perhatian. Karena bunga memiliki makna dan artinya tersendiri, hal inilah yang membuat bunga menjadi bagian dari media penghubung bagi manusia.
Istilah pemberian makna bunga pertama kali dikenal di Jepang dengan nama hanakotaba. Lalu King Charles II membawa istilah tersebut ke Swedia dan Persia pada sekitar abad ke-17. Sekarang ini, istilah hanakotaba secara global tergantikan dengan floriography, yaitu suatu ilmu yang mempelajari dan mengaitkan bunga dengan simbol maupun makna tertentu. Makna karangan bunga yang biasa disebut Language of Flowers ini sering digunakan dalam istilah sastra dan seni.

Kunjungi juga: Toko bunga Surabaya


Kita biasa memilih karangan bunga berdasarkan mood yang sedang kita rasakan maupun berdasarkan agenda apa yang akan kita hadiri. Maka dari itu, mengetahui makna karangan bunga itu sendiri dan memberikannya kepada orang dan di saat yang tepat dapat memberikan kesan yang baik.

1. Karangan Bunga Carnation
Jenis bunga ‘berkerut’ yang satu ini memiliki arti yang berbeda setiap warnanya. Bunga carnation berwarna merah muda memiliki pesan atau arti “aku tidak akan pernah melupakanmu”. Untuk bunga carnation berwarna putih memiliki arti “manis dan indah”. Untuk mempercantik karangan bunga carnation, kamu bisa merangkai bunga carnation dengan warna yang berbeda agar terlihat lebih cantik. Tapi kalau kamu ingin memberikan karangan bunga carnation sebagai tanda cinta, jangan gunakan bunga carnation berwarna ganda dan kuning, ya. Bunga dengan warna ganda ini memiliki arti penolakan “aku tidak bisa bersama denganmu” sedangan warna kuning memiliki arti penghinaan. Duh, cantik-cantik bikin sakit hati.


2. Karangan Bunga Matahari
Memilih karangan bunga dari bunga matahari sebagai hadiah peringatan hari jadi merupakan hal yang tepat karena bunga matahari menyimbolkan kekaguman, kesetiaan, dan umur panjang. Dengan memberikan karangan bunga matahari di hari jadi, diharapkan hubungan kalian akan menjadi awet sampai kakek-nenek. Sedikit trivia, legenda dahulu kala menyebutkan ketika bangsa Spanyol datang ke Amerika dan melihat hamparan bunga matahari, mereka mengira bunga yang satu ini terbuat dari emas murni.


3. Karangan Bunga Tulip
Jika selama ini yang kita ketahui bahwa bunga yang memiliki makna romantis hanyalah bunga mawar merah, ternyata ada bunga lain dengan makna serupa, lho. Bunga tulip satu di antaranya. Jika kamu sudah bosan dengan memberikan bunga mawar merah untuk peringatan Hari Kasih Sayang, maka bisa menggantinya dengan karangan bunga tulip berwarna merah ataupun ungu.


4. Karangan Bunga Lavender
Jenis bunga yang sering digunakan sebagai pengusir nyamuk alami ini adalah kesetiaan. Sebuah tips untuk membuat karangan bunga lavender, bisa menambahkan tanaman berwarna hijau sebagai pemanis seperti myrtle atau leather fern.


5. Karangan Bunga Violet
Sering mendengar bait puisi romantis yang diawali dengan baris “roses are red, violets are blue”? Selain bunga mawar, bunga violet juga tidak kalah cantik untuk dijadikan karangan bunga. Bunga yang satu ini memiliki makna kesetiaan dan rasa percaya. Karena ukurannya yang realtif kecil, untuk mengakali volume rangkaian bisa juga dengan menambahkan greenery seperti eucalyptus ‘baby blue’.
Itulah makna karangan bunga yang bisa dijadikan ide untuk menyambut Hari Kasih Sayang. Selamat memilih!

Kunjungi juga website terbaik dan terlengkap se indonesia hanya di www.bloomsflora.com

Penumpang Sopan
Penumpang Sopan