Mengenal Jenis Alat Kesehatan di Rumah Sakit

Apa yang anda lihat ketika anda berkunjung ke rumah sakit ? Abnda tentu tudak hanya bisa melihat pasien dan juga dokter namun anda juga dapat melihat banyak alat – alat medis yang berada di dalamnya. Tahukah anda masing – masing nama dan fungsi alat kesehatan tersebut ? Untuk lebih jelasnya, sekarang akan saya bagikan untuk anda di kesempatan kali ini.

Definisi Alat Kesehatan Secara Umum

Alat Kesehatan atau alat medis merupakan instrument, mesin, implant, yang tidak mengandung obat yang berfungsi untuk mencegah dan mendoagnosa penyakit, menyembuhkan orang sakit dan untuk membentuk dan memperbaiki fungsi tubuh. Alat Kesehatan di rumah sakit dapat kita bagi menjadi tiga macam yaitu alat Elektromedik, alat Non Elektromedik dan alat Diangostic in Vitro.

# Alat Elektromedik

Yaitu alat – alat kesehatan (medis) yang dalam proses operasinya membutuhkan atau menggunakan energi listsrik atau elektrik. Selain itu, alat ini juga tersusun dari berbagai komponen elektronik dan modul elektrik lainnya. Contoh alat in sangat banyak, berikut beberapa diantaranya :

  • Defibrillator : Defibrillator adalah alat kesehatan yang berfungsi untuk menolong pasien serangan jantung dengan menggunakan sengatan listrik dalam kapasitas energi tertentu
  • EKG : Elektrokardiograf (EKG) merupakan alat rekam jantung yang bekerja dengan cara menangkap sinyal – sinyal listrik jantung dengan menggunakan elektroda.
  • ESU : Elektrosurgical Unit (ESU) merupakan alat yang digunakan dalam proses operasi pembedahan. ESU merupakan sejenis pisau elektrik yang digunakan untuk memudahkan proses pembedahan.

# Alat Non Elektromedik

Non Elektromedik merupakan kebalikan dari alat Elektromedik. Yaitu alat – alat yang dioperasikan tanpa menggunakan Energi listrik. Alat ini juga bisa kita sebut dengan alat manual. Contoh alat ini juga sangat banyak, diantaranya seperti : Stetoskop, syringe (alat suntik), alat infus, dan alat lain yang dapat beroperasi tanpa menggunakan energi listrik.

# Alat Diagnostic Invitro

Berbeda dengan dua jenis yang sudah kita bahas diatas, alat diagnostic in vitro merupakan alat yang memiliki spesifikasi fungsi sebagai alat analisis atau analisa terhadap sebuah sample darah manusia yang hasilnya digunakan untuk membantu dokter dalam melakukan diagnosa terhadap pasien. Umumnya alat ini termasuk alat – alat yang menggunakan energi listrik (Elektromedik).

Penumpang Sopan
Penumpang Sopan